Thursday, November 6, 2008
Home » » Nasihat Imam AL - Ghazali

Nasihat Imam AL - Ghazali

Jom Tinggalkan Komen Anda Di Sini
 

Suatu hari, Imam Al Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu sang Imam bertanya.........

1. "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?".
Murid-muridnya menjawab: "Orang tua, guru, kawan dan sahabatnya". Imam Ghazali menjelaskan, "Semua jawaban itu benar. Tapi yang paling dekat dengan kita adalah "MATI".Sebab itu memang janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati (Ali Imran 185).

2. "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini ?".
Murid-muridnya menjawab: "Negeri China, bulan, matahari dan bintang-gemintang". Lalu Imam Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban itu benar. Tapi yang paling benar adalah "MASA LALU". Walau dengan cara apapun kita tidak dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

3. "Apa yang paling besar di dunia ini ?".
Murid-muridnya menjawab: "Gunung, bumi, matahari". Lalu Imam Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban itu benar. Tapi yang paling benar adalah "NAFSU" (Al A'raf 179). Maka kita harus berhat-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa kita ke neraka.

4. "Apa yang paling berat di dunia ini ?".
Murid-muridnya menjawab: "Besi, gajah". Semua jawaban itu benar. Tapi yang paling berat adalah "MEMEGANG AMANAH" (Al Ahzab:72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah sbt, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka kerana tidak dapat memegang amanahnya.

5. "Apa yang paling ringan di dunia ?".
Ada yang menjawab: "Kapas, angin, debu dan dedaunan". Semua itu benar, kata Imam Ghazali, tapi yang paling ringan di dunia ini adalah "meninggalkan solat". Gara-gara pekerjaan kita meninggalkan solat, gara-gara bermusyawarah kita meninggalkan sholat.


6. "Apakah yang paling tajam di dunia ?".
Murid-muridnya menjawab serentak: "Pedang !". Imam Ghazali membenarkan, tapi yang paling tajam adalah "Lidah" Manusia".Kerana melalui lidahnya, manusia selalu melukai dan menyakiti hati saudaranya sendiri.

Renung-renungkan dan selamat beramal...

Leave a Reply

citra_rindu08@yahoo.com.my

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Catatan Terkini

Powered by Blogger.